Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Diharapkan Turun ke Daerah

mediasumutku.com|SERGAI- Saat ini, pustakawan kurang dianggap karena telah bergeser dari membaca buku menjadi membaca melalui teknologi ponsel android.

“Oleh karena itu, diharapkan
mobil perpustakaan ini dapat diintensifkan untuk turun langsung ke daerah- daerah untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan generasi muda di daerah,” kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirman dalam kesempatan menerima hibah mobil perpusatakaan keliling dari Perpustakaan Nasional RI dan Komisi X DPR RI, di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (30/12/2020).

Dikatakan Soekirman, saat ini buku telah terpinggirkan dengan adanya teknologi gadget yang semakin marak saat ini.

“Oleh sebab itu kita selaku pustakawan sedang berkompetisi bagaimana meningkatkan daya tarik antara gadget dan buku kepada masyarakat. Dengan situasi seperti ini agar kita memunculkan inovasi untuk menjadikan buku lebih menarik ketimbang gadget,” sebutnya.

Pemkab Sergai lanjutnya, siap untuk mendiseminasikan dan mengaplikasikan manfaat dari mobil perpustakaan keliling bantuan dari Perpusnas RI dan KomisiX DPR-RI ini seluas-luasnya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa,” ucapnya.

Hadir dalam penyerahan mobil perpusatakaan tersebut, Wabup Darma Wijaya, Anggota Komisi X DPR-RI Dr. Sofyan Tan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Drs. Dedi Kurniadi.

Kabupaten Sergai lanjut Soekirman, masyarakatnya sekitar 660.000 jiwa dan 30 persennya adalah generasi muda yang termasuk dalam generasi produktif.

Namun rata-rata IPM kita masih di bawah Tapanuli Selatan, karena tingkat pendidikan rata-rata masyarakatnya yang telah lebih maju. Kemudahan, mencari uang ternyata membawa dampak negatif yaitu, menurunkan minat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.
Soekirman menambahkan, bahwa hal ini menjadi penting agar kedepannya IPM kita dapat meningkat seperti daerah lain.
Tak lupa Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam kegiatan penyerahan mobil perpustakaan keliling hari ini terutama Perpusnas RI dan Komisi X DPR-RI dan selanjutnya jika ada kemungkinan bisa dialokasikan bantuan dari pemerintah pusat untuk dibangun gedung perpustakaan yang lebih representatif dan berskala nasional.
”Kami siap menyediakan lahan untuk pembangunannya. Semoga menjadi daerah literasi yang semakin lengkap menambah prestasi-prestasi pendidikan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” ungkapnya.
Anggota Komisi X DPR-RI Dr. Sofyan Tan mengapresiasi dan kebanggan dapat hadir dalam rangka penyerahan Bantuan Hibah Mobil Perpustakaan Keliling dan Koleksinya kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sergai pada hari ini.
”Program ini terlaksana karena Perpusnas mendapatkan dukungan penuh dari Komisi X DPR-RI. Saya sebagai anggota DPR RI di mana Sergai adalah daerah pemilihan saya, di Dapil I Sumut, sehingga saya memberi dukungan penuh dalam hal peningkatan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Sofyan Tan berharap, dengan adanya penambahan armada mobil Perpustakaan Keliling beserta perlengkapan pendukung di dalamnya dapat meningkatkan kinerja Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sergai.
“Dengan MPK dapat memberikan akses informasi kepada masyarakat, meski saat ini di era digitalisasi dan perkembangan teknologi saat ini orang cenderung membaca melalui gadget ketimbang buku. Oleh karenanya agar saat memberikan layanan MPK dapat dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik perhatian masyarakat sekitar,” ujarnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Drs. Dedi Kurniadi, menyampaikan kebanggaannya atas terselenggaranya kegiatan penyerahan bantuan hibah mobil perpustakaan keliling dan koleksinya kepada Pemkab Sergai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sergai pada hari ini.
”Kegiatan ini menunjukkan komitmen yang sungguh-sungguh dari pemerintah pusat untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera,” pungkasnya.( Ms6)