Din Syamsudin Menikah Dengan Rashda Diana

mediasumutku.com | PONOROGO – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin Minggu (3/1) menikah dengan Rashda Diana, cucu pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, pernikahan berlangsung di Ponpes Gontor, Ponorogo.

“Iya, mohon doanya,” ucap Din saat dihubungi, Minggu (3/1/2021).

Informasi mengenai hari pernikahan deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu juga disampaikan oleh Dekan Fisipol Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ma’mun Murad.

Ma’mun menyebut bahwa pernikahan itu akan berlangsung pukul 09.00 WIB.

“Prof. Din Syamsuddin menikah pagi ini, Ahad, 3 Januari 2021, jam 09.00 di Pesantren Gontor dengan Dr. Rashda Diana, Lc. MA., cucu pendiri Pesantren Gontor,” tulis Ma’mun dalam akun twitter-nya.

Rashda Diana adalah putri kedua dari almarhum KH Imam Subakir Ahmad, yang merupakan putra KH Ahmad Ridwan. KH Ahmad Ridwan merupakan pendiri Ponpes Gontor.

Rashda Diana lahir di Ponorogo pada 5 Mei 1973. Rashida merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

KH Imam Subakir Ahmad sendiri merupakan putra KH Ahmad Ridwan. KH Ahmad Ridwan adalah pendiri Ponpes Gontor.

Berdasarkan data di bidang penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat (Litapdimas) Kemenag, nama Rashda Diana tercatat sebagai lektor atau pengajar di perguruan tinggi.

Rashda merupakan lektor di Universitas Darussalam Gontor, dengan bidang keilmuan Syariah dan Ilmu Hukum.

Beberapa tulisan Rashda Diana juga pernah dimuat di Jurnal Tsaqafah. Tulisan tersebut di antaranya berjudul ‘Partisipasi Politik Muslimah dalam Pandangan Yusuf Qardhawi’, ‘Al-Mawardi dan Konsep Kenegaraan dalam Islam’, serta ‘Etika Politik dalam Perspektif al-Mawardi’.