Hari Amal Bhakti Kemenag, Momen Kerukunan Antar Umat Beragama

mediasumutku.com | ASAHAN – Bupati Asahan, Surya bertindak selaku pembina upacara pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-75 tingkat Kabupaten Asahan, di halaman di Sekolah MTs Negeri 1 Asahan Desa Rawang Lama Kecamatan Rawang Panca Arga, Selasa (5/1/2021).

Dalam upacara yang mengangkat tema “Indonesia Rukun” itu turut dihadiri unsur Forkompimda (Forum Kordinasi Pimpinan Daerah) Asahan, para pejabat dan pengurus Kantor Kemenag Asahan. Sedangkan personil upacara terdiri para kepala KUA dan kepala madrasah di Kabupaten Asahan.

Kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti penyediaan sarana cuci tangan, handsanitizer, penggunaan masker dan pengaturan jarak bagi peserta.

Bupati Asahan, Surya yang membacakan amanat seragam Menteri Agama RI menyampaikan, tema peringatan HAB tahun ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” katanya.

Peringatan itu, lanjut Surya, merupakan momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Di akhir kegiatan Bupati Asahan memberikan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada 55 orang ASN di Kementerian Agama Kabupaten Asahan. Kemudian, Bupati Asahan menerima piagam penghargaan dari Kakankemenag sebagai ucapan terima kasih Kementerian Agama kepada pemerintah Kabupaten Asahan. (MS10)