Peduli Kemanusian, ACT-MRI Sergai Gelar Orientasi Relawan

mediasumutku.com| SERGAI-Aksi Cepat Tanggap Masyarakat Relawan Indonesia (ACT – MRI) Sergai menggelar orientasi relawan dengan mengusung tema “kobarkan semangat dalam menebar manfaat dan peduli kemanusiaan” di Aula Sultan Serdang Pemkab Sergai, Sabtu, (9/1/2021).
Hadir dalam acara tersebut, Ketua ACT – MRI Sumut yang diwakili oleh Humas ACT-MRI Provinsi Sumut Ilham, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai Samsuni, Ketua Perkumpulan Masyarakat Peduli Sungai Bedagai (PMPSB) Nazarudin, Ketua Pelopor Perdamaian Sergai Edy Muslih, Ketua DPRD Sergai dr. Riski Ramadhan Hasibuan, Kapolres Sergai di wakili oleh Kasat Binmas AKP Syarifuddin.
Ketua ACT-MRI, Sergai Bramono, mengatakan,MRI Serdang Bedagai terus berkontribusi dalam misi kemanusian, mulai dari bencana alam maupun non alam.
“Harapan saya, agar MRI Sergai dapat bekerja sama dengan stakeholder terkait, seperti Pemkab Serdang Bedagai, Polri -TNI, DPRD Sergai dan pihak swasta lainnya agar melibatkan serta mendukung penuh kegiatan MRI Serdang Bedagai. Apabila ada program yang sama-sama bisa kita jalankan kami juga siap untuk berkolaborasi. Dan kepada seluruh relawan MRI Sergai tetap semangat tetap teguh ikhlas dan sabar dalam menjadi relawan,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Sergai dr Riski Ramadhan Hasibuan mengatakan, dengan situasi sekarang ini masih sulit mempekerjakan orang tanpa dibayar.
“Kita sebagai relawan tidak digaji sepersen pun, kita full untuk kemanusiaan. Saya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai mendukung sepenuhnya dan berharap kepada pemerintah daerah agar bersinergi dengan MRI Sergai. Kabupaten Sergai saat ini butuh relawan relawan dan orang-orang yang peduli dengan pembangunan Kabupaten Sergai,” sebut Riski.
Menurutnya, dirinya yang pernah menjadi salah satu relawan yang ikut mengevakuasi korban jatuhnya pesawat rombongan mantan Gubernur Sumut ini juga menyatakan bahwa Ikatan Dokter Indonesia Serdang Begadai siap bersinergi dengan ACT-MRI Sergai untuk program kemanusiaan.
Usai memberikan pembekalan materi, para relawan MRI Sergai juga melakukan Water Rescue di sungai Rampah. Aksi ini merupakan salah satu bentuk pembekalan kepada relawan untuk menangani penyelamatan korban banjir atau tenggelam. (MS6)