Awal Tahun, Harga Emas Turun

mediasumutku.com| MEDAN- Harga emas di Butik Emas Logam Mulia Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun Rp 15.000 pergram pada Sabtu (9/1/2021). Penurunan ini diakibatkan aksi jual yang cukup besar.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Sumatera Utara Wahyu Ario Pratomo mengatakan, harga emas ini turun karena memang harga emas di dunia mengalami penurunan.

“Selain karena aksi jual yang cukup besar, penurunan harga emas juga seiring dengan semakin baiknya harga saham. Selain itu juga ekspektasi perbaikan ekonomi AS dengan disahkannya Joe Biden menjadi presiden AS,” ujarnya, Minggu (10/1/2021).

Dia mengatakan, hal ini juga diakibatkan oleh penguatan dollar. Karena dollar merupakan bentuk investasi selain emas.

“Investor menjadi memilih investasi ke dollar dan menjual emas. Di samping itu penguatan rupiah juga berpengaruh di dalam negeri terhadap penurunan harga emas,”ujarnya.

Kedepan, ia melihat harga emas ini masih mungkin untuk terus turun. Apalagi mengingat sebelumnya emas sempat di atas Rp 1 juta pergramnya.

“Untuk potensi turun tetap ada karena kenaikan harga emas sebelumnya memang terlalu cepat. Apalagi adanya pembelian besar besaran saat investor menggantikan investasi nya dari saham ke emas,” katanya.

Ia menyarankan, untuk investor emas agar menahan investasi emasnya. Menurutnya emas akan perlahan naik karena merupakan aset yang cukup diminati oleh investor.

“Karena kalau dijual mungkin sudah rugi juga kan. Jadi ditahan saja dulu. Harga emas akan naik pelan pelan karena emas merupakan aset yang diminati oleh investor,” pungkasnya. (MS11)