Pastikan Kebutuhan Pokok Tersedia, Mendag Keluarkan Kebijakan

mediasumutku.com| MEDAN- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengeluarkan kebijakan untuk memastikan kebutuhan barang pokok dan bahan penting akan tersedia terutama dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kami sudah memastikan bahwa gula, daging, beras akan kami persiapkan untuk menghadapi hari-hari besar tersebut. Kami sudah memastikan bahwa gula akan cukup. Kita akan persiapkan bahan lainnya untuk memastikan ketersediaannya cukup,” katanya, Rabu (13/1/2021).

Dia memastikan, barang-barang tersebut seperti gula, daging, dan beras segera dijamin pasokannya cukup. Ketika terjadi kenaikan atau penurunan harga, ini adalah mekanisme pasar yang ada di internasional dan juga berdampak pada komoditas yang ada di Indonesia.

“Jadi ketika terjadi penguatan harga yang naik bukan hanya komoditas yang kita impor, tapi juga yang kita ekspor. Artinya kita sama-sama bisa menikmati dan sama-sama merasakan ketika harga itu naik,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya memastikan stok akan cukup untuk semua kebutuhan bahan pokok dan terutama dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“Kita akan pastikan tata kelola terutama tata kelola impor dan pengadaan di Kementerian Perdagangan ini agar tetap sasaran,” katanya. (MS11)