Persiapan PON 2024, Atlet Pencak Silat Sergai Diuji Coba

mediasumutku.com|SERGAI- Untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) bersama Perguruan Silat Garuda Sakti Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara menggelar try out atau uji coba, di Pantai Silat Bertuah Dusun I Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, Minggu (17/1/2021).
Hadir pada try out tersebut, Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Sergai, Aspul A Lubis dan Ketua IPSI Sergai, Irwan dan berbagai perguruan pencak silat di Kabupaten Serdang Bedagai.
Ketua IPSI Sergai Irwan mengatakan, selain silaturahmi, uji coba pencak silat ini untuk meningkatkan kembali latihan pencak silat sehingga memotivasi pesilat untuk memperbaiki yang sudah ada.
“Bulan September mendatang akan ada PORKAB (Pekan Olahraga Kabupaten) menuju PON 2024, dan nantinya di harapkan akan ada atlit pesilat Kabupaten Sergai yang bisa masuk mengikuti pertandingan hingga ke PON 2024,”sebut Irwan.
Untuk itu, Irwan meminta, kepada atlit pesilat agar meningkatkan prestasi latihan di padepokan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.
“Cintailah silat sebagai mana para pencetus sesepuh kita pejuang kita dan para pendekar kita yang benar-benar memajukan pesilat ini sampai ke tingkat dunia. Saya ingin silat ini lebih maju lagi karena itu kita buat di sini padepokan silat Indonesia,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Serdang Bedagai, Aspul A Lubis mengatakan, kegiatan uji coba ini untuk silahturahmi antara perguruan pencak silat di kabupaten Serdang Bedagai.
“Mudah-mudahan IPSI Serdang Bedagai bisa menyumbangkan Atletnya nantinya sampai ke PON 2024 ,”harap Ketua Koni Sergai.
Ketua Pelaksana Siti AminahBr Saragih menuturkan, uji coba silahturahmi antar perguruan pencak silat di hadiri 300 pesilat yang diikuti 7 perguruan sila. Diantaranya, Perguruan Silat Garuda Sakti. Perguruan Silat Pentas, Perguruan Silat Walet Putih, Perguruan Silat Kocima, Perguran Tapak Suci, Perguruan Silat Salam dan Perguruan Silat PSHT.
Sesepuh perguran silat Garuda Sakti, Saiful Komar dalam arahannya mengimbau kepada pesilat, untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan silat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.
Menurut Komar, akan ada pertandingan antar remaja dan remaja dewasa dalam pertandingan ini.

“Kita menjaga aturan tata tertib yang ada karena ini adalah uji coba, kita ingin melihat sampai di mana kemampuan kita.Seterusnya dari sinilah kita mulai mempersiapkan diri kita, sehingga apa yang kita peroleh dari sini akan menjadi pegangan kita untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ujarnya. (MS6)