Huawei dan ACCI Berbagi Tips Tentang Keaman Siber

mediasumutku.com| MEDAN– Huawei Indonesia, berkolaborasi dengan Association Cloud and Computing Indonesia (ACCI), menggelar diskusi nasional secara daring CyberHub Festival 2021 mulai 18 – 29 Januari 2021 dengan tema Cloud dan Keamanan Siber untuk Infrastruktur Kritikal Nasional.

Akhmad Toha, Deputi Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengatakan, diskusi ini untuk menyeleraskan pemahaman, sekaligus meningkatkan literasi keamanan siber di instansi pemerintah, perusahaan negara, swasta dan masyarakat umum serta mensosialisasikan pentingnya keamanan siber dalam proses transformasi digital.

“Keamanan siber menjadi isu strategis di berbagai negara, termasuk Indonesia. Ruang siber Indonesia yang luas, multi dimensi dan multi sektor, serta ancaman serangan yang meningkat, membutuhkan perhatian semua pihak,” katanya, Rabu (27/1/2021).

Dikatakannya, BSSN akan terus mewujudkan Pilar Pertama Strategi Keamanan Siber Nasional, yaitu Ketahanan Siber Indonesia. Salah satu tantangan terbesar dalam mewujudkan keamanan siber adalah kompleksitas lanskap yang disebabkan oleh jenis penyerang, dampak yang ditimbulkan serangan, serta target serangan yang sangat beragam di ruang siber.

“Di era digital saat ini, masyarakat memerlukan pengetahuan yang cukup terkait manfaat maupun kerentanan yang ada di ruang siber. Untuk itu, BSSN sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan CyberHub Fest 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Proteksi Ekonomi Digital BSSN dan Asosiasi Cloud Computing Indonesia,” ujarnya secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Jason Zhang, President Cloud and AI Business Group Huawei Indonesia mengatakan, Huawei berkomitmen dalam mengintegrasikan kepatuhan keamanan siber sebagai bagian integral dari bisnis dan layanan kami, selain itu kami juga telah mengikuti assessment yang diterapkan oleh BSSN.

“Kami percaya dalam waktu dekat ketahanan keamanan siber akan menjadi praktik standar keamanan informasi keamanan yang diwajibkan bagi semua perusahaan dan organisasi di Indonesia untuk memastikan keamanan penyimpanan data pelanggan, seiring dengan upaya BSSN untuk membangun keamanan siber nasional yang lebih tangguh,”katanya.

Deputi I BSSN Irjen Pol. Dono Indarto. mengatakan, BSSN menyelenggarakan kegiatan workshop Indeks KAMI yang berkerjasama dengan Huawei dan ACCI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman dan penguasaan sumber daya akan pentingnya manajemen keamanan informasi dalam menjaga kelancaran dan keberlangsungan layanan publik, serta memetakan profil risiko penyelenggaraan sistem elektroniknya.

“Kami mengharapkan dengan adanya workshop ini dapat memberikan pencerahan, mendorong dan menambah kesadaran akan pentingnya keamanan siber bagi para penyelenggara sistem elektronik dalam melindungi data, transaksi elektronik dan sistem yang dikelola,”pungkasnya.(MS11)