Dilantik jadi Ketua HIMPI Medan, Palacheta Targetkan Peningkatan SDM Pengusaha

mediasumutku.com| MEDAN- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Medan mengukuhkan kepengurusan baru BPC HIPMI Kota Medan untuk periode 2020-2023, Kamis (28/1/2021).

Ketua Umum BPC HIPMI Kota Medan, Palacheta Subies Subianto mengatakan, selain berupaya menaikkan jumlah member, pihaknya akan saling menguatkan apalagi di tengah pandemi yang masih berlangsung.

“Kita mau menambah member. Semoga bisa menarik 1.000 anggota untuk 2021 ini. Kita juga ingin meningkatkan SDM pengusaha bukan hanya di kancah lokal tapi juga nasional,” katanya, Kamis (28/1/2021).

Selain itu ia mengatakan, HIPMI juga akan mendukung program pemerintah dalam proses pemulihan ekonomi nasional. Ia mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, tak dipungkiri memukul sektor usaha. Banyak pengusaha yang akhirnya gulung tikar.

“Saat pandemi ini kita saling menguatkan bersama. Sharing knowledge bagaimana bisa bertahan. Kita tidak berpikir ekspansi dulu sekarang, tapi bisa bertahan,” katanya.

Pihaknya berbagi ilmu dengan cara menggelar seminar-seminar pendidikan. Setiap bulan pihaknya juga akan melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah lain.

“Misalnya kita lihat pengusaha sarang burung, bagaimana dia bisa membudidayakan. Jadi anggota HIPMI bisa saling belajar. Selain itu juga akan diadakan workshop, bagaimana anggota kita yang punya hotel, kita akan sharing untuk pembiayaan, proyeksi untung, dan sebagainya,” bebernya.

Didampingi Saiful Burhan sebagai Sekretaris BPC HIPMI Kota Medan dan Bendahara HIPMI BPC Kota Medan Alfian Linux, Palacheta mengatakan, di kepengurusan baru ini HIPMI Medan akan berusaha merangkul lebih banyak pengusaha. Apalagi semakin banyak pengusaha muda yang bergabung.

“HIPMI harus berbuat baik kepada sesama. Saya akan mengedepankan humanisme dalam mengembangkan organisasi. Saya berharap kita mengayomi adik-adik kita,” tambahnya.

Palacheta juga berpesan, kepada para pengusaha untuk bersatu dan mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan menjadi pengusaha yang baik.

“Para pengusaha harus bersama-sama untuk membangun Kota Medan. Selain itu kita harus taat pajak. Menerapkan prokes di masa pandemik ini, kalau kita sakit, ekonomi kita mati,” katanya.

Pelantikan HIPMI Medan juga mendapat apresiasi dari Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Lewat video yang dikirimkannya, Jerry berharap HIPMI bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia.

“Kita harapkan HIPMI Medan nantinya bisa memberikan kontribusi signifikan untuk Indonesia dari pengusaha,” kata Jerry.

Sementara Wakil Ketua BPD HIPMI Sumut, Benny Indra Batubara berharap, kepengurusan HIPMI Medan bisa aktif dan berkontribusi di bawah kepengurusan.

“Saya berharap kepada ketua dan dibawah pimpinan Palacheta ini, HIPMI akan berkembang dan kita jadikan ini menjadi lokomotif dan sekolah kita berusaha. Saya yakin HIPMI bisa melahirkan pengusaha pemula khusus nya di Kota Medan agar dapat bersaing baik di nasional maupun internasional,” ujarnya. (MS11)