Genjot Ekspor UKM, Kemendag Sosialisasikan Good Design Indonesia 2021

mediasumutku.com| MEDAN- Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) berupaya menggenjot kapasitas usaha kecil dan menengah (UKM) ekspor, baik melalui desain kemasan, standar, sertifikasi, maupun brand.

Salah satu langkah konkretnya adalah dengan penyelenggaraan Good Design Indonesia (GDI). Direktur Jenderal PEN Kasan mengatakan ada sejumlah 150 pelaku UKM juga hadir secara daring dalam diskusi yang telah menerapkan protokol kesehatan tersebut.

“Diharapkan sosialisasi ini mampu mendorong UKM dan desainer
berpartisipasi dan menampilkan desain produk unggulan lebih banyak. Hal itu dapat mendorong pemulihan ekonomi Indonesia dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk mencapai target kinerja ekspor nonmigas Indonesia sebesar 6,3 persen tahun ini,” katanya, Minggu (28/2/2021).

Kasan juga memaparkan, selain menargetkan pertumbuhan ekspor, Kementerian Perdagangan juga diamanatkan untuk mencetak 1.500 UKM ekspor per tahun.

“Sejumlah langkah strategis yang dilakukan antara lain dengan memfasilitasi kemudahan pembiayaan UKM ekspor, memfasilitasi promosi dan digitalisasi UKM ekspor, mengintegrasikan database UKM ekspor, dan menggelar program kolaborasi mencetak eksportir baru,” ujarnya.(MS11)