Enam Arahan untuk Kemendag di Tahun Pemulihan

mediasumutku.com| MEDAN-Ada enam arahan dari Kementerian Perdagangan untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan, pertama, perdagangan digital adalah suatu keharusan dan harus terus dikembangkan. Termasuk untuk mendukung para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.

Kedua, Kemendag harus memiliki kebijakan dan strategi pengembangan pasar produk nasional. Salah satunya dengan mendukung program Bangga Buatan
Indonesia. Pusat perbelanjaan dan mal harus terus didorong memberikan ruang khusus untuk produk dalam negeri, khususnya UMKM.

Ketiga, pasar ekspor Indonesia semakin diperluas dengan mengembangkan wilayah ekspor ke pasar-pasar nontradisional. Kini banyak negara-negara di wilayah Afrika, Asia Selatan, dan Eropa Timur yang perekonomiannya tumbuh lebih dari 5 persen.

Keempat, Kemendag diharapkan terus mendorong dan mendukung para pelaku UMKM untuk melakukan ekspor dan meningkatkan daya saingnya, termasuk dari segi kualitas dan kemasan produksi yang dihasilkan.

Kelima, terkait perundingan perdagangan internasional, Kemendag dapat mempercerpat proses berbagai perundingan yang masih berlangsung. Implementasi perundingan yang sudah telah selesai harus dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku usaha.

Terakhir, Keenam, Kemendag terus menjaga dan memastikan ketersediaan bapok di seluruh wilayah dengan harga yang stabil serta terjangkau.(MS11)