MTQ ke- 54 Tingkat Kota Medan Tanpa Pawai Taaruf dan Penonton

mediasumutku.com|MEDAN-Plt Asisten Pemerintahan Pemerintah Kota Medan, Khairul Syahnan memastikan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke -54 Kota Medan tahun 2021, tanpa pawai taa’ruf dan penonton.

“Hal ini dilakukan agar tidak terjadi Kerumunan masyarakat, sebab MTQ ke -54 tingkat Kota Medan diselenggarakan di masa Pandemi Covid-19,” kata Plt Asisten Aspem, Khairul Sanan saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke -54 Kota Medan tahun 2021, di Balai Kota, Jumat (5/3/2021).

Selain itu MTQ yang akan berlangsung di Kecamatan Medan Johor tepatnya di Asrama Haji dan gedung Yayasan Perguruan Al Azhar Medan dari mulai 16 sampai 24 Maret 2021 ini juga dipastikan tanpa adanya stand Pameran OPD dan Kecamatan serta Stand Bazar.

Untuk itu, Khairul Sanan menginstruksikan, kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar mempersiapkan segala keperluan tekhnis kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) secara rinci sehingga nantinya dapat berjalan lancar dan sukses.

“Meskipun tanpa pawai Taaruf dan stand pameran serta penonton, tidak akan menghilangkan esensi dari Musabaqoh itu sendiri yakni menghasilkan bibit unggul dan syiar Islam. Masyarakat Kota Medan tetap dapat menonton secara virtual melalui YouTube,” jelasnya.

Untuk panitia, kada dia, dewan hakim dan peserta yang nantinya mengikuti MTQ akan menjalani Rapid Test dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Untuk itu kita tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar pelaksanaan MTQ berjalan lancar dan sukses.

Dijelaskan Plt Aspem, sesuai arahan Wali Kota Medan, pelaksanaan MTQ ke 54 tingkat Kota Medan ini jangan sampai ada terjadinya kerumunan masyarakat. Untuk itu, kita harus dapat memastikan hal tersebut agar tidak terjadinya penyebaran Virus Covid-19.

“Waktu perlombaan pada MTQ nanti hanya akan ada Panitia, Dewan Hakim dan peserta saja. pak Wali Kota gak mau adanya kerumunan masyarakat”, jelas Plt Aspem.

Sebelumnya, Plt Kabag Agama Khoiruddin Rangkuti menjelaskan, penyelenggaraan MTQ ke-54 tingkat Kota Medan berbeda dari tahun sebelumnya. Tentu ini tidak mengurangi semangat kita dalam melaksanakan musabaqoh. Untuk Pembukaan MTQ akan dilaksanakan di Gedung Asrama Haji Medan pada tanggal 16 Maret 2021.

“Pelantikan Dewan Hakim akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret dan akan dilantik langsung Bapak Wali Kota Medan. Untuk penutupan akan berlangsung pada tanggal 23 di Gedung Yayasan Perguruan Al Azhar Medan”, paparnya. (ms7)