Pelindo 1 Dorong Kompetensi SDM Bidang Kepelabuhan

mediasumutku.com| MEDAN- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo 1 berupaya terus mendorong kompetensi sumber daya manusia dalam kegiatan kepelabuhanan.

Untuk itu, Pelindo 1 bersama dengan Kesyahbandaran Utama Belawan dan Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) berkolaborasi untuk melaksanakan Penyegaran (Refreshing) Pengujian Komunikasi Bahasa Inggris dan Soft Skill kepada Perwira Pandu, Nahkoda Kapal Patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai), Operator VTS (Vessel Traffic Service), Crew Kapal Pandu dan Tunda.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM (pandu, crew kapal tunda dan pandu) dalam komunikasi pelayaran (Maritime English) serta kompetensi pandu yang beroperasional dalam pelayanan pemanduan di Selat Malaka dan Singapura dan marine services. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 8-9 Maret 2021 di Grha Pelindo Satu Medan dengan jumlah peserta 56 orang.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan komitmen Pelindo 1 yang selalu mengedepankan layanan baik dari sisi sumber daya manusia maupun keamanan dan keselamatan pelayaran. Terlebih sejak tahun 2016, Kemenhub telah menunjuk Pelindo 1 sebagai operator yang melakukan pemanduan kapal asing dan domestik di Selat Malaka.

“Salah satu fokus Pelindo 1 di tahun 2021 ini adalah mengembangkan bisnis Marine Services, yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat ekonomi Selat Malaka sebagai salah satu selat tersibuk di dunia. Program ini salah satunya ditujukan untuk memotivasi dan memperkuat pelayanan khususnya pemanduan Selat Malaka dan Singapura dan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi masing-masing pihak,” ujar Ridwan Sani Siregar didampingi Direktur SDM dan Umum Pelindo 1, Henry Naldi, Senin (8/3/2021).

Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo yang secara resmi membuka kegiatan tersebut secara virtual, berharap, kemampuan personil pandu dan crew lainnya dalam Bahasa Inggris kembali diasah sehingga mengupdate kemampuan bahasa dan mengikuti perkembangan baru dengan pengetahuan level yang sama.

“Kemampuan Bahasa Inggris sangat efektif dalam mendukung keselamatan dan keamanan dalam dunia pelayaran karena hal ini dibutuhkan dalam koordinasi. Peningkatan kompetensi SDM ini tentu dapat mendukung peningkatkan pelayanan keselamatan dan keamanan perlindungan maritim,” jelas Agus.

Sementara itu Kepala Distrik Navigasi Kelas I Belawan, Marwanto Heru Santoso mengapresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan ini.

“Kita akan menyambut program pemerintah tentang E-pilotage yang sudah mulai diterapkan di beberapa negara tidak terkecuali di Indonesia, sehingga kemampuan SDM berkomunikasi dalam Bahasa Inggris ini sangat diperlukan,” ujar Marwanto.(MS11)