Berawal dari Masa Covid-19, Mak Oyong Hadirkan Konten Kreatif

mediasumutku.com| MEDAN- Konten Mak Oyong mulai aktif di YouTube pada bulan November 2020 yang lalu. Hadirnya Mak Oyong disebabkan aktivitas yang mulai berkurang karena adanya pandemi Covid-19.

Mak Oyong diprakarsai oleh tiga sahabat yang dari bangku kuliah yang sudah berteman akrab, yakni Hafiz (Mak Sumanto/Afiz), Tazli (Sumanto) dan Kurnia Syahputra. Hafiz dan Tazli sebagai pemain, skenario dan sutradara, sedangkan Kurnia Syahputra sebagai kameramen.

Hafiz mengatakan, mereka bertiga adalah sahabat yang awalnya berbeda pekerjaan, dimana Hafiz awalnya seorang pedagang, sedangkan Tazli berkarir sebagai seorang wartawan dan Kurnia di dunia pendidikan.

“Ternyata dengan masa Covid-19 ini menjadi sebuah ide untuk membuat sebuah konten ringan, namun mengemasnya dengan cerita keseharian masyarakat kampung yang menarik dan lucu,”katanya, Rabu (10/3/2021).

Setelah mereka mulai mencari tempat untuk membuat konten tersebut, mereka berinisiatif untuk mengajak kawan Tazli dan Kurnia. Dimana mereka memang sudah lama kenal, yakni Nisa Lubis (Mak Nyinyir) yang berprofesi sebagai wartawan juga. Kemudian mengajak kawan sekampus Haykal Abimayu (Pak Kepling).

“Sekarang ini episode demi episode mulai ditonton kawan, saudara hingga melebar ke masyarakat lainnya. Sehingga, dalam 3 bulan “Mak Oyong” sudah dikenal orang, khususnya di Kota Medan dan sekitarnya,” ujarnya.

Kemudian Tazli dan Hafiz sepakat memanggil senior mereka yakni bang Zul Pulungan untuk bergabung menjadi sutradara tetap, “Alhamdulillah bang Zul mau bergabung dengan kami,” ujarnya.

Tazli menambahkan, saat ini, Mak Oyong sudah memiliki 14 episode, dimana per episode menghantarkan penonton terpingkal pingkal karena bahasanya yang khas Medan. Ditambah ide cerita pun lucu dan menarik. Bahkan, pemainpun mulai datang silih berganti.

“Dengan berjalannya waktu kami menambah pemeran untuk anak Mak Nyiyir yakni Syaifullah (Ipul) yang juga kawan sekampus, juga seorang wartawan. Karena selain kak Nisa Lubis (Mak Nyiyir) kami adalah alumni di LKK Unimed,” katanya.

Tazli mengatakan, bahwa mereka menjaga kekompakan dalam membangun “Mak Oyong”, dan mulai tiap episode dimunculkan beberapa pemain seperti Liza, Izal, Masta, Apri, Kiki ditambah kameramen Rahman. Tak lupa juga dalam menghasilkan tiap episode membutuhkan tim pendukung yang siap melengkapi properti yakni Kang Abien.

“Sampai saat ini “Mak Oyong” masih membutuhkan subcriber dan jumlah jam tayang. Dan kami harus tetap semangat, tetap solid untuk serius melanjutkan konten ini. Sebab kami percaya ketika kemauan dan kerja keras dilakukan, pasti ada kesuksesan,” ujar Tazli.

Sedangkan Nisa Lubis (Mak Nyinyir) mengatakan bahwa di “Mak Oyong” beliau memerankan sebagai emak-emak yang kepo dengan tetangga-tetangganya terutama dengan Mak Sumanto.

“Saya disini berperan sebagai emak-emak yang hobi gosip, suka meremehkan semua tetangga tetangganya, jadi bagi kawan-kawan yang belum nonton Mak Oyong segera di tonton, subcribe, like dan komen,” pungkasnya. (MS11)