MTQ ke 54 Tingkat Kota Medan Digelar Secara Virtual

mediasumutku.com|MEDAN-Pelaksanaa Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 54 tingkat Kota Medan akan digelar secara virtual mengingat masih mewabahnya virus covid-19 di kota Medan.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, saat menjadi narasumber dalam talkshow yang disiarkan secara langsung dari salah satu stasiun televisi di Medan, Jumat (12/3/2021).

“Pelaksaan MTQ kota Medan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya mengingat masih mewabahnya covid-19, jadi masyarakat dapat menyaksikan MTQ tahun ini secara streaming melalui youtube,”kata Bobby.

Rencananya, kata dia, MTQ tahun ini akan berlangsung dari tanggal 16 Maret sampai dengan 23 Maret 2021 mendatang berlokasi di Asrama Haji Medan dan sekolah Al-Azhar.

Meskipun digelar secara virtual, Walikota Medan tidak ingin mengurangi nilai-nilai dari penyelenggaraan MTQ tahun ini, karenanya seluruh jajaran di Pemko Medan diperintahkan untuk mempersiapkan MTQ tahun ini dengan sebaik mungkin sehingga berlangsung dengan lancar dan sukses serta dapat di nikmati oleh masyarakat tanpa adanya kendala.

“Kita sudah menyiapkan semuanya agar masyarakat dapat menikmati MTQ tahun ini melalui streaming tanpa adanya kendala, karenanya saya instrukskan kepada seluruh jajaran agar bertanggung jawab dan amanah dalam menyelenggarakan MTQ tahun ini,” ujarnya.

Dalam perhelatanya nanti, Walikota Medan meminta agar para peserta maupun dewan juri untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai MTQ yang digelar setiap tahun tersebut menjadi claster baru penyebaran covid-19.

“Intinya jangan sampai pelaksanaan MTQ menjadi claster baru penyebaran covid-19,”pungkasnya.

Dia juga berharap, melalui pelaksanaan MTQ ke 54 masyarakat kota Medan dapat memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an serta mengimplementasikanya ke dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap, kepada seluruh masyarakat kota Medan seiring dengan berjalannya MTQ hingga selesai dapat mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an ke kehidupan sehari-hari. Misalnya, mengenai anjuran menjaga kebersihan. Tentunya bila kita implementasikan nilai tersebut akan sangat membantu Pemko Medan,” katanya.

Kepada para peserta MTQ, dia berpesan, agar mempersipkan diri untuk mencapai hasil terbaik dan menjadi juara. Apalagi Pemko Medan telah menyiapkan hadiah untuk para peserta yang berhasil menjadi juara.

“Untuk para juara di setiap bidang sudah kita siapkan hadiahnya, namun saya ingin kedepanya hadiah yang diterima bernilai, artinya dapat menjadi manfaat yang besar bagi peserta misalnya menjadi nilai tambah bagi peserta yang ingin melanjutkan pendidikan,”jelas Walikota Medan.

Selain Walikota Medan, dalam talkshow tersebut turut hadir sebagai narasumber, Ketua MUI Kota Medan, Prof.Dr. M.Hatta dan Ketua LPTQ Kota Medan, Drs. Palid Muda Harahap.

Kedua narasumber juga mendukung dengan digelarnya pelaksanan MTQ ke 54 tingkat kota Medan secara virtual. Tidak hanya untuk mencegah penyebaran covid-19 saja, tetapi juga masyarakat yang ingin menyaksikan tidak sebatas masyarakat kota Medan saja melainkan dapat disaksikan oleh masyarakat di seluruh dunia. (MS7)