Mulai 1 April, Pelanggan Listrik 450 VA Tidak Lagi Gratis

mediasumutku.com | ASAHAN– Kebijakan pemerintah memberikan diskon listrik 100 persen sejak pandemi Covid-19, tepatnya pada bulan April 2020 lalu hingga Maret 2021 untuk pelanggan berdaya 450 VA. Namun, terhitung tanggal 1 April 2021 mendatang, kembali berlaku tagihan. Hal itu mengacu kepada kebijakan yang disampaikan Dirjen Ketenagalistrikan.

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kisaran, Rosiana Hasibuan kepada wartawan, mengatakan, kebijakan tersebut disampaikan kepada 40.686 pelanggan pasca bayar daya 450 VA di wilayah Kisaran dan sekitarnya.

“Jadi melalui media ini kami sampaikan kepada pelanggan pasca bayar khususnya daya 450 VA, akan kembali berlaku tagihan di bulan April nanti,” kata Rosi, Jum’at (19/3/2021).

Ditambahkannya, stimulis listrik sebagaimana Keputusan Dirjen Ketenagalistrikan tetap ada, mulai bulan April -Juni 2021 pelanggan berdaya 450 VA sebelumnya diberi diskon 100 persen kini menjadi 50 persen. Kemudian, untuk pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi, baik prabayar dan pascabayar diberikan diskon 25 persen dari sebelumnya 50 persen.

“Pada kesempatan ini, ULP PLN Kisaran kembali mengingatkan pelanggan untuk membayar tagihan listrik sebelum tanggal 20 setiap bulannya,” katanya.

Apalagi kata dia, klaim atau pembayaran listrik dapat dilakukan dengan mudah, praktis dan dimana saja salah satunya melalui aplikasi New PLN Mobile yang dapat diunggah di Playstore pada android atau ponsel pintar.

“Melalui aplikasi New PLN Mobile ini banyak kemudahan layanan yang bisa kita dapatkan, antara lain, melaporkan jika terjadi gangguan listrik, beli token dan bayar tagihan listrik, mengajukan permohonan pasang baru, melakukan catat meter mandiri dan lain-lain. Pokoknya canggih lah,” ungkapnya. (MS10)