Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas IBBI Jalin MoU dengan INTI Sumut

mediasumutku.com | MEDAN – Dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas IBBI jalin kerjasama dengan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara. Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) digelar di Kampus IBBI Jalan Sei Deli Medan, Kamis (18/3/2021).

Menurut Rektor Universitas IBBI Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE,IPM kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangannya ini selanjutnya akan menjadi landasan kerja sama yang lebih luas lagi demi menunjang pengembangan kurikulum terhadap 5 program studi yang dimiliki Universitas IBBI (Manajemen, Akuntansi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknologi Informasi).

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Ketua INTI Sumatera utara, Anwar Susanto dan Rektor Universitas IBBI, Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan Wakil Sekretaris INTI Sumatera Utara Hendy Ong dan Johany Sia, sedangkan dari pihak Universitas IBBI disaksikan oleh Ketua Pembina Yayasan IBBI Nicholas Halim, Ketua Pengurus Yayasan IBBI Dr. Lili Suryati, SE, MM, Wakil Rektor I Sukiman, ST, MT, IPM, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Dr. Lusiah, SE, MM, serta Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Johanes Terang Kita Perangin-angin, S.Kom, MTI.

Ricson Simarmata menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 secara langsung dan tidak langsung berdampak terhadap kemampuan masyarakat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi serta kemampuan mahasiswa untuk membayar uang kuliah secara tepat waktu, meskipun sulit pihak Universitas IBBI dapat memakluminya dengan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi warga IBBI.

“Saya meyakini bahwa hak pendidikan tidak boleh terhalang oleh biaya,” tandasnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Pembina Yayasan IBBI Nicholas Halim menyatakan akan terus menemukan solusi dari keterbatasan biaya kuliah seperti mengajak pihak mitra Universitas IBBI seperti INTI Sumatera Utara untuk memberikan beasiswa pendidikan. Oleh karena itu, Nicholas mengaharapkan para mahasiswa atau calon mahasiswa agar mempercayakan masa depannya ditempa di Universitas IBBI.

Selanjutnya, Ketua Umum INTI Sumatera Utara, Anwar Susanto menegaskan bahwa INTI yang dibentuk pada tahun 1999 ini memiliki program “Beasiswa Pelangi”. Pelangi dalam hal ini memiliki makna bawa beasiswa tersebut adalah milik semua suku, agama, ras dan golongan. Semua orang memiliki peluang yang sama untuk mendapatkannya.

“Kami siap berpartisipasi dalam kegiatan suci ini dan mempercayakan kepada pihak Universitas IBBI untuk mengelola beasiswa yang berjumlah 100 orang,” papar Anwar Susanto.

Rektor Universitas IBBI menyambut baik terjalinnya kesepahaman ini, di akhir pertemuan Ricson Simarmata menceritakan perkembangan renovasi total gedung Universitas IBBI yang rencananya akan selesai dalam tahun ini.