Pameran Bursa Tanaman Hias Warnai HKG PKK ke 49

mediasumutku.com|MEDAN-Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution membuka Pameran Bursa Tanaman Hias yang digelar Dinas Pertanian dan Perikanan Medan, di Taman Ahmad Yani Medan, Kamis (1/4/2021). Diharapkan pameran yang digelar dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tingkat Kota Medan ini dapat menambah motivasi dan semangat pelaku usaha tanaman hias.

“Ini bentuk apresiasi kepada pelaku tanaman hias, apabila bunga dan tanaman yang dirawatnya bisa dinilai. Namun, jangan hanya Forkopimda, PKK saja yang diundang di pameran ini, ajak pelaku usaha, konglomerat, BUMN, BUMD, di sini tanaman hiasnya bagus-bagus, biar mereka membeli, biar tambah semangat pelaku usaha tanaman hias ini,” kata Bobby Nasution.

Dia mengajak, para ibu PKK dan perempuan lainnya untuk mengambil peran membantu suami ditengah Pandemi Covid-19 melalui hobi merawat bunga.

“Selama ini ibu-ibu kumpul ngerumpi, sekarang ambil peran untuk menambah pendapatan, mengambil peran membantu suami, melalui kreativitas atau hobi merawat bunga ini. Ini salah satu potensi menambah pendapatan di saat Pandemi Covid-19,” ungkap Wali Kota.

Dia berharap, tujuan pameran ini harus jelas, yakni mencari modal dan pembeli.

“Kalau dilihat mulai dari masuk jika dicantumkan harganya mahal-mahal, cocok dipamerkan dengan ibu PKK karena banyak kawan-kawannya yang bisa membeli. Tapi undang juga pelaku usaha dan lainnya. Dengan begitu pameran ini pasti akan lebih besar,”ujarnya.

Selanjutnya Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu mengguntingkan pita sebagai tanda diresmikannya stand pameran. Kemudian bersama dengan Walikota Medan, Ketua TP PKK mengunjungi tanaman hias yang dipamerkan. Salah satunya, Bonsai jenis Lohan milik pelaku usaha, Yetno.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ikhsar Risyad Marbun, menjelaskan, Pekan Bursa Tanaman hias merupakan, agenda tahunan Dinas Pertanian dan Perikanan yang kali ini bekerja sama dengan TP PKK Kota Medan dalam rangka HKG PKK ke-49.

“Selain Pameran Tanaman Hias, juga akan dilaksanakan Pelatihan Hidroponik dasar untuk skala rumah tangga dan pemanfaatan limbah belajar membuat taman mini kaktus (Terrarium) serta Sosialisasi Ekspor Tanaman dan berbagai Perlombaan,” jelasnya. (ms7/foto:ist)