Program Unggulan, Gosak, SI Abang Laris dan Sitas Adil Dilaunching

mediasumutku.com|SERGAI- Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Sumatera Utara melaunching program Unggulan Gojek Saksi Kejaksaan (GOSAK), Sistem Antar Barang Bukti Langsung dan Gratis( SI ABANG LARIS) dan Eksekusi Tuntas Adil (SITAS ADIL) di halaman Kantor Kejari Sergai di Sei Rampah, Senin (5/4/2021).
Sebelum melaunching, Kepala Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, Donny Hariono Setiawan didampingi Kasi Intel Agus Adi Admaja, bersama seluruh Kasi, JPU dan Pegawai Kejaksaan melakukan pelepasan balon ke udara dengan menyampaikan yel-yel Kejatisu.

“Hari ini, kita sudah melaksanakan pencanangan zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) serentak sewilayah Sumut dipimpin langsung oleh Kejati Sumut,” sebut Kejari Sergai, Donny Hariono Setiawan disela-sela launching program tersebut.
Kemudian lanjutnya, pihaknya juga akan melaksanakan secara internal pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (BWK) oleh Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai tahun 2021.

“Ini merupakan amanat dari peraturan presiden nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Indonesia,” ujarnya.
Selanjutnya, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.
“Kemudian, juga sudah diterbitkan SK oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sumatera Utara yang menetapkan satuan kerja yang dicanangkan sebagai zona integritas menuju wilayah bebas korupsi(WBK) dan WBBM untuk Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai,”ucap Donny Hariono Setiawan.
Disebutkannya, launching program Unggulan Gojek Saksi Kejaksaan (GOSAK), Sistem Antar Barang Bukti Langsung dan Gratis( SI ABANG LARIS) dan Eksekusi Tuntas Adil (SITAS ADIL) bertujuan untuk menciptakan WBK yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, memotong birokrasi.

“Kemudian menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada di internal kita dengan tentunya tanpa adanya pungli tetap menciptakan pemerintah yang birokrasi efektif dan efeksien,”ucapnya.
Donny menyebutkan, Gosak di download melalui play store yang gunanya untuk membantu saksi-saksi yang menghadiri persidangan online dikantor. Sementara, aplikasi SI ABANG LARIS merupakan layanan untuk mengantar barang bukti langsung dan gartis.

“Jadi biasanya sistem barang bukti itu orang datang untuk mengambil, sekarang kita yang mengantarkan. Hal ini pemotongan birokrasi dan supaya masyarakat juga menjadi puas atas pelayanan yang kita berikan, itu semuanya gratis,” ujarnya.
Selanjutnya yang ketiga, Eksekusi Tuntas Adil (SITAS ADIL) ini adalah salah satunya berupa upaya kita untuk menuntaskan tunggakan eksekusi yang sering terjadi. Ini adalah pemeluhan untuk keadilan, karena dengan dilakukan Eksekusi yang tuntas hak -hak para narapidana ataupun mendapatkan pembinaan LP bisa terpenuhi.
“Maka dari permasalahan-permasalahan yang ada disekitar kantor kita, kita akan berusaha untuk menyelesaikanya melalui layanan -layanan aplikasi kita ini. GoSak adalah program yang sudah berjalan satu tahun, tapi tahun ini kita sempurkan karna sebelumnya masih memakai armada kendaraan sepeda motor namun kali ini sudah memakai mobil,” jelasnya. (ms6)