OJK dan Pemprov Sumut Gelar Coaching Clinic TPAKD

mediasumutku.com| MEDAN- Dalam rangka penguatan koordinasi dan capacity building pengurus dan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) pada seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara, khususnya terkait asistensi penyusunan Laporan Triwulanan TPAKD, OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menggelar kegiatan Coaching Clinic TPAKD se-Sumatera Utara secara virtual.

Coaching Clinic TPAKD tersebut merupakan kelanjutan dari capacity building pada bulan Januari 2021 lalu yang dinilai efektif mendorong peran aktif TPAKD Kabupaten Kota Se-Sumatera Utara dalam perumusan program kerja TPAKD.

Wakil Koordinator TPAKD Provinsi Sumatera Utara sekaligus Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho, mengapresiasi OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara yang senantiasa berkomitmen mendampingi Pemprovsu untuk merealisasikan beberapa kegiatan bersama.

Dimana, kegiatan itu untuk mendorong TPAKD yang telah terbentuk di seluruh 33 Kabupaten/Kota dapat aktif menjalankan tugas dan fungsinya terutama untuk memperluas akses keuangan di daerah dan mendukung percepatan pemulihan ekonomi daerah.

“Untuk mendorong peran aktif 33 TPAKD kabupaten/kota Sumatera Utara, TPAKD Provinsi Sumatera Utara melalui dukungan OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara telah melaksanakan beberapa kali kegiatan Coaching Clinic, FGD dan Bimbingan Teknis pada tahun 2021, mulai dalam rangka asistensi penyusunan program kerja, sosialisasi Roadmap TPAKD 2021 – 2025, pelatihan pendataan UMKM potensial, hingga asistensi penyusunan laporan triwulanan TPAKD sebagaimana yang kita lakukan saat ini”, ujar Arief, Selasa (6/4/2021).

Selanjutnya, TPAKD Provinsi Sumatera Utara saat ini juga sedang menyusun kerangka acuan untuk melaksanakan TPAKD Award tingkat Kabupaten/Kota di Sumatera Utara sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap kinerja yang dicapai oleh TPAKD Kabupaten/Kota.

“Beberapa rencana indikator yang akan menjadi penilaian antara lain: Realisasi Program Kerja, Pelaksanaan Rapat Koordinasi/Pleno, Penyampaikan Laporan Triwulanan, Inovasi, serta keterlibatan kepala daerah dalam menyukseskan program kerja TPAKD masing masing Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, dan Kemitraan Pemerintah Daerah mewakili OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Andi Muhammad Yusuf mengapresiasi secara khusus kepada seluruh TPAKD Kabupaten/Kota, yang pada tahun 2021 telah menyusun dan mulai menjalankan program kerja masing-masing sebagai tindak lanjut dari Coaching Clinic TPAKD pada bulan Januari 2021 lalu.

“Kita berharap melalui Coaching Clinic kali ini setiap TPAKD Kabupaten/Kota dapat menjalankan kewajiban penyampaian Laporan Triwulanan TPAKD secara tepat waktu dan sesuai dengan Buku Pedoman TPAKD sebagai wujud akuntabilitas dan tata kelola yang baik,” ujarnya. (MS11)