Pemko Medan Bertekad Wujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender

mediasumutku.com|MEDAN-Pemerintah Kota Medan memiliki komitmen program dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PuG).

Hal itu disampaikan Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution saat ia dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Medan, Kahiyang Ayu mengikutiVerifikasi Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE), di ruang rapat III, di Ruang Rapat III, kantor wali kota, Rabu (7//4/2021).

“Saya berharap tim verifikator Anugerah Parahita Ekapraya APE 2020 dapat memperoleh data yang lengkap dan komprehensif. Dan kepada seluruh OPD saya imbau agar mendukung sepenuhnya verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Tim ini,” ucapnya.

Dia mengingatkan, pelaksanaan pengarusutamaan gender di segala bidang pembangunan yang dilakukan bukan sekadar meraih prestasi atau penghargaan, juga merupakan wujud dari komitmen Pemko dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

Sebelumnya, Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi, Eni Widiyanti, secara dalam jaringan (daring) mengungkapkan, kendati verifikasi lapangan kali ini dilaksanakan secara virtual, dia percaya akan memperoleh data yang lengkap tentang upaya pemerintah daerah dalam pengarusutamaan gender.

Data dan informasi ini, lanjutnya, sangat penting untuk menentukan langkah yang efisien bagi pembangunan yang mendukung pengarusutamaan gender. Selain itu, verifikasi ini juga sebagai dasar penilaian dalam pemberian penghargaan APE.

Dalam pertemuan itu, Kepala Bappeda Medan, Irwan Ritonga menyampaikan pemaparan tentang berbagai kebijakan dan program Pemko Medan yang berkaitan dengan pengarusutamaan gender. (ms7)