Dukung Belajar dari Rumah, PK-166 LPDP Berkontribusi Lewat Melek Internet

mediasumutku.com| MEDAN- Guna membatasi pertemuan fisik demi mengurangi peluang penularan Covid-19, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara fisik di sekolah kemudian terdisrupsi dan mengalami penyesuaian menjadi Belajar Dari Rumah (BDR).

BDR mendorong akselerasi yang masif dalam penggunaan teknologi. Para guru dan siswa pun dituntut untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini, sekaligus terus berupaya melakukan inovasi kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran.

“Sebagai awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), kami memiliki privilege sekaligus amanah karena dapat mengenyam pendidikan dengan beasiswa dari rakyat Indonesia. Pendidikan yang berkualitas adalah hak setiap anak bangsa sehingga kami merasa perlu berkontribusi secara segera dan nyata untuk turut mewujudkan hal tersebut,” jelas Lydia Agnes, Koordinator Proyek Sosial PK-166 Ekasatya Agnibrata dalam acara Grand Launching Proyek Sosial PK-166 LPDP dengan tema “Inisiasi Program Sekolah Melek Internet di SDN 095204 Baja Dolok”, yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (31/7/2021).

Lydia menyebutkan, proyek sosial ini menawarkan program komprehensif yang mencakup berbagai aktivitas, mulai dari penyediaan piranti elektronik pendukung BDR, pendampingan kepada para guru dan murid agar dapat semakin inovatif selama BDR, sampai dengan penyediaan website sekolah.

Fundraising dilakukan oleh PK-166 Ekasatya Agnibrata melalui www.kitabisa.com dan kontribusi dari peserta webinar tentang program beasiswa LPDP dan sharing dari para awardee tentang kiat sukses lolos seleksi beasiswa LPDP.

Donasi yang terkumpul sejumlah Rp 38.636.381,00 akan digunakan untuk menunjang proses pendampingan dan monitoring. Dalam pelaksanaannya¸ PK-166 Ekasatya Agnibrata akan didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Forum Anak Nasional, dan Sedekah Ilmu Yogyakarta.

“Melalui kolaborasi ini, para guru dan murid akan terus memperoleh pendampingan agar kian piawai mengoperasikan platform digital untuk kebutuhan BDR, termasuk mengelola website www.sdnbajadolok.sch.id yang dapat digunakan untuk memuat informasi tentang aktivitas dan prestasi sekolah, serta informasi lain terkait pendidikan,”ujarnya.

Dwi Larso MSIE, Ph.D., Direktur Beasiswa LPDP.Website berharap, BDR ini dapat menjadi wadah pertukaran informasi yang inspiratif bagi para guru dan murid dari sekolah lain. Bentuk pendampingan lainnya adalah penyelenggaraan rangkaian pelatihan daring dengan berbagai tema menarik, seperti metode pembelajaran kreatif, tips bijak berinternet, dan kiat sukses berwirausaha melalui platform digital, sehingga para guru, murid, dan orang tua murid dapat memiliki pengetahuan tambahan yang dapat bermanfaat selama BDR.

“Kami mendukung awardee PK-166 Ekasatya Agnibrata dan mengapresiasi para sponsor yang bersedia berkolaborasi demi menunjang ‘Belajar Dari Rumah’. Sinergi, sebagai salah satu nilai luhur dalam LPDP, menjadi begitu relevan untuk diwujudkan, terlebih di saat-saat menantang seperti ini, ” paparnya. (MS11)