Pemko Medan Siapkan Lokasi Isolasi Terpadu Gratis di Gedung Hotel Bintang Empat

mediasumutku.com|MEDAN-Sebanyak 240 kamar disiapkan Pemerintah Kota Medan untuk warga yang akan menjalani isolasi terpadu (isoter) di gedung Hotel Soechi di jalan Cirebon, Medan. Untuk memastikannya, Walikota Medan Bobby Nasution mengecek kesiapannya pada Minggu (1/8/2021) siang.

Sebelumnya Bobby sudah mengecek dan memastikan bahwa pelayanan di bekas bangunan hotel bintang empat itu, sudah layak beroperasi.

“Pada saat pembukaan, satu warga Medan tampak langsung memanfaatkan fasilitas mewah yang dipersembahkan Pemko Medan untuk masyarakat tersebut. Dan pada hari ini dikatakan sudah ada belasan warga yang sudah booking untuk menjalani Isoter di sana. Saat ini masyarakat bisa langsung datang ke Soechi, nanti akan ada dokter, tenaga kesehatan dan staff yang akan membantu. Dan ini gratis tidak dikutip biaya,” kata Bobby Nasution.

Bobby mengatakan, target warga yang harus isoter di Soechi adalah warga yang positif Covid-19 namun tak merasakan gejala alias OTG (orang tanpa gejala).

“Nah, OTG ini diyakini banyak menyebarkan virus sebab dia merasa sehat. Kalau isolasi di rumah mudah bosan, dua tiga hari keliaran lagi. Jadi bahaya. Lebih baik gunakan fasilitas Isoter di Soechi ini agar lebih teratur dan efektif mencegah penyebaran,” kata Bobby melanjutkan.

Di Soechi itu, lanjutnya, pihak Pemko Medan telah menggandeng Manajemen RS Royal Prima untuk bertugas merawat warga yang Isoter. Tim medis dari Rumah Sakit Royal Prima itu akan bertugas tiga shift per hari.

“Dan Nakes juga cukup selain fasilitas yang juga memadai. Stok oksigen juga cukup, obat-obatan, vitamin hingga fasilitas untuk masyarakat seperti ruang fitnes atau olahraga hingga tempat berjemur,” kata Bobby didampingi Direktur RS Royal Prima, Kapolrestabes Medan dan Dandim.

dr Winaldi, penanggung jawab Isoter di Soechi menjelaskan, sesuai dengan arahan wali kota, fasilitas di sana harus bisa benar-benar maksimal dimanfaatkan masyarakat.

“Fasilitas olahraga ada, berjemur, kamar yang bagus, nakes juga siap sedia. Intinya kami akan membantu masyarakat yang datang untuk mendapatkan info dengan baik dan penanganan yang baik. Bahkan yang datang dalam kondisi darurat juga sudah kita antisipasi dan akan tetap dilayani,” kata dr Winaldi.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Medan Syamsul Arifin, mengatakan, sementara ini fasilitas Isoter di Eks Hotel Soechi diutamakan untuk masyarakat Kota Medan.(MS7)