Irsan Efendi Nasution : Sektor Peternakan Memiliki Peluang Besar Untuk Dikembangkan

PADANGSIDIMPUAN – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH membuka Pelatihan Teknis Peternakan bagi non aparatur (manajemen pakan ternak) yang dilaksanakan oleh UPT Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPH) Cinagara Bogor pada Dinas Pertanian kota Padangsidimpuan, Jumat (13/8).

Walikota Irsan berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan agar dapat mentransfer ilmu dari para narasumber. Dan ke depannya dapat meningkatkan ilmu dalam beternak dan pakan ternak.

“Agar ke depannya ilmu yang di dapat dalam pelatihan ini dapat di realisasikan di lapangan dalam beternak dan akan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Irsan.

Pada tahun ini saja, lanjutnya masih banyak hewan kurban dipasok dari luar kota Padangsidimpuan, dari 1300 hewan kurban yang di sembelih pada Idul Adha kemarin, semoga ke depannya kita bisa menyediakannya sendiri.

“Walaupun Padangsidimpuan berstatus kota tetapi masih di topang oleh sektor pertanian, perkebunan dan peternakan dan alhamdulillah kita masih swasembada pangan,” papar Walikota.

Sementara itu Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan Ir. Parhimpunan pada laporannya mengatakan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari di 2 lokasi berbeda kepada 90 orang peternak di Kota Padangsidimpuan.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya pelatihan dari UPT BBPH Cinagara Bogor inidapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan peternak dalam meningkatkan mutu pakan, baik pakan buatan, alternatif maupun manajemen pakan itu sendiri,” tandas Parhimpunan.

Materi yang akan dibawakan oleh narasumber, lanjutnya menyangkut pelatihan pakan fermentasi, pelatihan pengolahan limbah ternak (pembuatan pupuk padat, pupuk cair, perbanyakan microba, pembuatan micro organisme lokal/MOL dan pelatihan manajemen pakan ternak (pakan alternatif) itu sendiri.

Sementara itu Koordinator tim dari UPT BBPH Dayat Hermawan menjelaskan salah satu manfaat dari pakan fermentasi adalah Dapat mempercepat petumbuhan karena pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan. Daging ternak menjadi lebih rendah kolesterol dan tidak prengus. Membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada ternak.

“Kami juga akan melatih bapak/ibu peternak dalam mengolah limbah ternak tersebut, bisa menjadi bubuk padat maupun pupu cair nantinya,” ungkap Dayat.

(Heri/(MS9)