Pemuda Panca Marga Asahan Bersihkan 7 Lokasi Tugu Perjuangan

ASAHAN – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten melakukan pemugaran di tujuh titik tugu perjuangan yang ada di Kabupaten Asahan.

Pemugaran tugu perjuangan itu dilakukan mulai dari pembersihan kawasan tugu hingga melakukan pengecatan ulang oleh pengurus PPM Asahan. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan mulai tanggal 9-14 Agustus 2021.

“PPM, sebagai organisasi anak cucu pejuang RI merasa bertanggungjawab penuh dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan. Karena Kemerdekaan ini direbut dengan tumpah darah dan perjuangan oleh orang tua dan kakek nenek kami,” kata Musa Siregar, ketua PPM saat berbincang bersama wartawan, di Kisaran, Senin (16/8/2021).

Musa menambahkan, perawatan tugu perjuangan yang ada di Asahan ini dilakukan di tujuh lokasi juga merupakan sebagai bentuk membangkitkan semangat cinta tanah air terutama bagi anggota PPM.

“Memang di masa pandemi ini kita tidak dapat membuat kegiatan yang meriah, namun dengan tetap menjaga prokes PPM berupaya membuat kegiatan yang positif untuk menyambut ulang tahun negara kita. Harapan kami tradisi melakukan pembersihan terhadap tugu sebagai simbol perjuangan kemerdekaan ini akan tetap kami lakukan,” kata Musa.

Adapun beberapa diantara tugu perjuangan di Asahan yang dibersihkan oleh PPM adalah, Tugu Perjuangan Bandar Pulau di desa Bandar Pulau, Tugu Perjuangan Djamingun di desa Aek Nagaga Kecamatan Rahuning, Tugu Perjuangan Tangsi di desa Pulau Rakyat Pekan.

Selanjutnya, Tugu Perjuangan Sipaku Are di Kecamatan Simpang Empat, Tugu Perjuangan Buntu Pane di Desa Sei Silau Timur, Tugu Perjuangan Pasar Lembu di Desa Pasar Lembu Air Joman dan Tugu Perjuangan Sarang Olang di desa Sarang Helang Kecamatan Sei Kepayang. (MS10)