Ini Apresiasi DPP Himpak Kepada Desynta Boru Banurea Raih Dua Medali Perak Sea Games 2022

DELI SERDANG-Ketua umum DPP Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak), Drs Citra Efendi Capah MSP didampingi Sekjend Kasiman Berutu dan Bendahara Nurmala Maibang serta pengurus lainnya menyambut Desynta Rakahuni Boru Banurea peraih dua medali perak Sea Games 2022 di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Selasa (24/5/2022).

Kedatangan Desynta Boru Banurea juga disambut kedua orang tuanya, Sabirin Banurea (ayah) dan Esti Handayani (ibu).

Ketum Umum DPP Himpak Citra Efendi Capah menyampaikan apresiasinya kepada Desynta yang berhasil meraih prestasi dan memperoleh medali di ajang olahraga bergengsi Sea Games, Vietnam tahun 2022. Dengan menerima medali perak atau juara 2 cabang karate putri plus 68 per orangan dan beregu.

“Penyambutan ini kita laksanakan secara sederhana dengan menampilkan tradisi suku Pakpak sekaligus pemberian oles Pakpak sebagai rasa syukur dan pemberi semangat (penguat tendi),” kata Capah.

Selanjutnya Desynta diiring sampai ke rumah kediaman di Jalam Tuba IV Pembangunan I Medan Denai, Medan. Dengan memberi manuk mersendihi/mangan pelleng sejenis upah-upah adat suku Pakpak.

Lebih lanjut Citra E Capah menyampaikan, prestasi sekecil apa pun harus dihargai dan diapresiasi. Karena dengan adanya apresiasi dan penghargaan, orang tersebut akan semakin termotivasi untuk meraih prestasi terbaik di kemudian hari.

Desynta Boru Banurea saat diwawancarai merasa terharu saat disambut DPP Himpak. Sebab, sebelumnya belum pernah disambut saat dia meraih medali perunggu pada Sea Games 2017.

“Perasaan disambut Himpak sangat senang sekali dan spesial dan menambah motivasi karena saya sudah membawa harum nama Indonesia dalam Sea Games 2022. Senang kali ini karena sebelumnya tidak ada penyambutan baik dari KONI maupun dari pengurus olahraga lainnya,” tutur Desynta yang merupakan anggota TNI berpangkat Sersan Satu di Pusat Zeni AD.

Menurutnya, ia meraih dua perak di cabang olahraga karate. Ia termotivasi raih perak karena di Sea Games 2017 Malaysia ia hanya meraih medali perunggu. Jadi ini dapat perak.

“Saya mohon maaf ke masyarakat Indonesia belum bisa meraih medali emas. Mungkin di Asean Games tahun ini 2022 di China saya bisa meraih medali emas. Mohon dukungan masyarakat semua,” tandasnya.